Click for other contact

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Senin, 30 Juli 2012

Teori Warna (Brewster)

Teori Brewster
Halo gan, baru posting lagi nih, di postingan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Teori Warna, saya hanya berbagi yang saya ketahui ya gan tanpa ada maksut mengajarkan ilmu ini :D, langsung aja kalau begitu.

Teori Brewster adalah teori yang menyederhanakan warna yang ada di alam menjadi 4 kelompok warna. Keempat kelompok warna tersebut, yaitu: warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral. (Itu kalo menurut Wikipedia), intinya Teori Brewster adalah sebuah perjalanan warna.
Empat kelompok warna tersebut terbentuk dari perjalanannya warna-warna dalam teori brewster, sebuah warna mempunyai warna dasar/warna asli tidak hasil campuran namun berdiri sendiri yaitu warna Primer.

Warna Primer
Warna Primer adalah sebuah warna dasar/asli yang tidak tercampur oleh warna-warna lain, warna primer meliputi Merah, Kuning dan Biru. Saya sudah membuat skema warna primer pada gambar diatas, bisa dilihat dimana terbentuk segita pada lingkaran warna teori brewster itulah warna primer.

Warna Sekunder


Warna Sekunder adalah hasil dari pencampuran warna primer, dimana dalam perjalanan lingkaran warna, warna primer akan bertemu warna primer lainnya dan membuat warna baru dari kedua warna tersebut, contoh: warna Merah ke Kuning akan menghasilkan warna sekunder yaitu Jingga, sedangkan warna primer kuning ke biru akan menghasilkan warna sekunder Hijau, dan warna primer biru ke merah akan menghasilkan warna sekunder ungu. Itulah proses terjadinya warna sekunder dimana warna primer dicampur warna primer lainnya dengan komposisi 1:1 akan menghasilkan warna sekunder, lihat skema warna diatas.

Warna Tersier
Warna Tersier adalah hasil dari pencampuran satu warna primer dengan warna sekunder yang akan menghasilkan warna tersier dengan sebuah perjalanan lingkaran warna warna primer akan mengahasilkan warna sekunder namun warna primer ke sekunder akan menghasilkan sebuah warna baru yaitu tersier, contoh: warna merah ke jingga akan mengahsilkan sebuah warna tersier yaitu Merah kejingga-jinggan, sedangkan warna jingga ke kuning akan mengahsilkan warna tersier jingga kekuning-kuningan, lalu warna kuning ke hijau akan menghasilkan warna tersier kuning kehijau-hijauan, warna hijau ke biru akan menghasilkan warna tersier hijau kebiru-biruan, warna biru ke ungu akan menghasilkan warna tersier biru keungu-unguan dan warna ungu ke merah akan menghasilkan warna tersier ungu kemerah-merahan. Lihat skema warna pada gambar diatas maka terlihat warna tersier terbentuk diantara warna primer-sekunder.

Warna Netral
Warna Netral warna netral disini bukan berarti netral atau tidak tercampur warna apapun, namun warna netral ini adalah hasil dari campuran semua warna yaitu Warna Primer-Warna Sekunder-Warna Tersier maka akan menghasilkan sebuah warna netral, warna ini cenderung butek atau tidak berbentuk biasanya warna netral yaitu warna coklat namun bukan warna coklat yang sesungguhnya, warna coklat ini cenderung gelap karna hasil campuran dari semua elemen warna dengan komposisi masing2 1:1:1.


Dari penjelasan singkat diatas maka bisa digambar skema warna seperti dibawah ini:
Sudah terlihat kan sebuah lingkaran perjalanan warna tersebut, warna dasar atau warna primer akan menghasilkan warna sekunder, sedangkan warna primer dan sekunder akan menghasilkan warna tersier dan seluruh elemen warna primer-sekunder-tersier akan menghasilkan warna netral yang berada di tengah-tengah lingkaran, dapat disimpulkan kalau sebuha warna saling berkaitan dan membutuhkan untuk membangun sebuah komposisi warna yang benar dan stabil.

Terakhir saya mau berbagi hasil artwork saya yang kebetulan juga tugas kampus teori warna saya yaitu teori brewster, dengan menggunakan material cat poster (poster color) dan kuas, 

disini saya hanya menggunakan 3 buah cat poster dengan warna primer yaitu merah,biru dan kuning dimana dari ketiga warna tersebut saya menghasilkan warna warna lain seperti sekunder,tersier dan netral. Ini hasilnya gan, warna netralnya belum ditempel jadi gak ada di hasil fotonya baru warna primer-sekunder dan tersier aja, sedikit brantakan sih tapi saya puas dengan hasil saya sendiri :D

6 komentar: